Kamis, 10 Mei 2018

Cara Mengatasi para Antipati / Kurang mendukung K3

Gambar terkait

sepatu safety - Tidak kebanyakan orang juga akan menyongsong ajakan dari kampanye K3 Kita? Seperti apa cara mereka menentang dan bagaimana caranya mengatasinya?.

Mereka yang mungkin menentang dengan terang terangan maupun sembunyi sembunyi pada kebijakan atau kampanye K3 yang ada diperusahan kita, juga akan berkata dengan lisan atau hanya di dalam hati atau melakukan perbuatan suatu hal sebagai berikut :

  1. Atasan yang tidak mematuhi K3 dengan Terang terangan 
  2. Atasan yg tidak serius dalam mensupport kampanye K3 
  3. Mereka yg tidak menghadiri Safety Meeting/Rapat K3 
  4. “K3 yaitu pekerjaan Safety Officer bukanlah pekerjaan Kami” 
  5. “Kami tidak mempunya waktu untuk memerhatikan K3” 
  6. Kampanye K3 menghabisakan dana perusahaan saja 
  7. Tidak memberikan laporan keadaan tidak aman atau kecelakaan kecil karena berasumsi kalau hal itu tidaklah terlalu membahayakan 
  8. “Saya repot dengan pekerjaan saya dan tak ada waktu untuk memerhatikan K3” 
  9. Mengakibatkan akses ke pintu darurat atau menuju tempat penting yang lain jadi terhambat 
  10. “Buat apa membahas K3, di perusahaan kita, kecelakaan saja tak ada sampai saat ini “ 
  11. “Dia saja tidak mematuhinya, mengapa saya harus mematuhi” 
  12. Dan lain-lain. 
Mengapa hal itu dapat terjadi?. National Weather Service (NWS), sebuah tubuh yang mengurusi problem penanggulangan dan senantiasa mengingatkan orang mengenai bahaya juga akan datangnya bencana, dalam salah satu laporannya menyebutkan, mengapa ada orang yang menentang setiap peringatan yang di sampaikan?. Orang orang sesuai sama itu terserang “optimism bias, ” yakni keyakinan kalau beberapa hal jelek seperti kecelakaan, bencana, dll, hanya juga akan terjadi pada orang yang lain dan akan tidak terjadi pada dianya sehinga jadi seseorang individu yang merasa juga akan senantiasa merasa juga akan senantiasa selamat tidak ada usaha hindari bahaya yang mungkin dekat dengan dianya. Mungkin itu hanya salah satu sebab dari demikian banyak sebab sebab yang lain.

Lalu Bagaimana caranya menangani Beberapa Penentang K3 Itu? Mudah-mudahan beberapa tips di bawah dapat berguna, yakni :

  1. Pada intinya seorang akan tidak menampik kebenaran (dalam hal semacam ini K3), tetapi orang menampik cara kita mengemukakan K3 itu yang mungkin kurang sudi untuk mereka. Hingga dengan sedikit pendekatan, komunikasi yang intensif, dan kampanye K3 yang lebih efisien, efektif dan kreatif, akan kurangi jumah beberapa penentang K3 itu. 
  2. Undang beberapa pakar K3 dari luar perusahaan untuk jadi pembicara pada seminar internal utuk beberapa karyawan yang diselenggarakan oleh perusahaan 
  3. Pakai sumber rujukan K3 dari beragam sumber, hingga dapat memperkaya cara kita dalam kampanye K3 di perusahaan 
  4. Jika sangat mungkin, undang pembicara dari korban kecelakaan kerja, dan biarlah ia menceritakan mengenai bagaimana kecelakaan kerja ini sangat beresiko pada kehidupan pribadinya.

Kamu memiliki cara beda untuk kurangi beberapa penentang K3 ini hingga setiap orang jadi “Melek” juga akan K3?

Related Articles

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.