Rabu, 09 Agustus 2017

Cara Mudah Merakit Charger Dan Powerbank Tenaga Surya / Solar Cell


Powerbank sudah jamak dipakai seiring berkembangnya handphone dan piranti tablet ke semua dunia. Powerbank yaitu piranti yang berperan untuk mencharge/isi ulang telepon selular (hp), tablet atau menyalakan daya untuk piranti apa pun yang memakai voltase 5V dengan input dari konektor usb (type mini atau mikro usb jadi input) dengan kekuatan mobile karena memakai daya listrik yang bersumber dari baterai yang dapat dicharge ulang seperti telepon selular kamu atau seperti aki kendaraan. Karena memakai baterai, maka powerbank setiap saat harus disi ulang kembali agar kemampuan baterai kembali penuh.

Biasanya isi ulang powerbank dengan menyambungkan input mikro usb di powerbank dengan adaptor listrik ac to dc yang ambil listrik dari grid (jaringan) listrik PLN. Bagaimana bila setiap saat diperjalanan, terutama ketika traveling ke alam bebas kamu memerlukan daya listrik untuk isi ulang hp bahkan juga untuk powerbank Kamu juga? Mungkin Kamu perlu memiliki beberapa baterai cadangan atau bahkan juga beberapa powerbank cadangan, namun masih tetap saja saat kemampuan baterai habis maka Kamu tetaplah tidak dapat isi ulang semua ketika Kamu masih tetap diluar daerah yang memiliki sumber listrik dari jaringan PLN.

Maka alternatif beda, Kamu dapat memakai sumber energi yang ada di alam bebas, satu diantaranya yaitu energi surya atau matahari dengan memakai panel atau sel surya. Dengan sel surya Kamu dapat merubah energi dari cahaya matahari ke energi listrik untuk isi ulang piranti hp dan powerbank. Menariknya Kamu dapat merakitnya sendiri dengan mudah, karena modulnya sendiri yang mudah didapati di market dengan harga yang terjangkau. Walau saat ini telah banyak yang jual powerbank tenaga surya buatan pabrik, tetapi ada, bahkan juga banyak kualitas kemampuan baterainya yang diragukan, sedang bila Kamu ingin coba merakit sendiri powerbank surya sekurang-kurangnya ada dua nilai plus. Pertama Kamu jadi lebih tahu cara membuat power bank dari charger hp, hingga bila ada problem Kamu dapat ketahui pemecahannya, ke-2 yaitu ada kenikmatan sendiri untuk Kamu dapat buat suatu piranti sesuai sama keperluan dan daya kreasi Kamu sendiri.

Kembali pada awal, jadi apa sajakah yang diperlukan untuk merakit piranti itu? Penulis akan membagi dalam dua type, yakni charger tenaga surya dan powerbank tenaga surya DIY (Do It Yourself).

Untuk merakit charger tenaga surya diperlukan 2-3 komponen atau modul utama agar charger ini dapat bekerja dengan harusnya. Komponen itu yaitu :

1. Panel Surya Mini
Kamu perlu minimum 1 buah panel surya memiliki ukuran kecil agar mudah dibawa-bawa ketika melancong. Sekurang-kurangnya memiliki output voltase 5-6V dengan arus diatas 100mA. Bila 1 panel arus listrik masih tetap rendah, Kamu dapat menggabung beberapa panel itu dengan paralel untuk jadi besar arus output panel surya. Sesungguhnya cukup hanya panel surya Kamu telah dapat menghubungkan terminal output (+) dan (-) dengan kabel mikro usb yang tersedia banyak di market, cukup disolder maka Kamu telah dapat isi ulang hp dan powerbank Kamu, namun memang dapat tidak stabil karena bisa saja tegangan dapat menyusut dari 5v atau turun dibawah 4v yang mana minimnya voltase dapat menyebabkan panel surya tidak berhasil isi ulang piranti hp atau tablet Kamu itu.

2. USB Booster 5V
Modul USB booster 5V ini berperan untuk menyetabilkan tegangan keluaran yang dibuat oleh panel surya diatas. biasanya dapat hasilkan tegangan stabil 5V dengan input tegangan pada 1-5V. Berarti ketika tegangan dari panel surya turun modul ini tetaplah dapat hasilkan tegangan yang cukup untuk dapat isi ulang piranti yang Kamu punyai. Output dari modul usb booster ini yaitu konektor female usb, hingga dengan kabel usb to mikro/mini usb Kamu dapat segera menghubungkan ke piranti yang ingin di isi ulang.

Rangkaian Charger Tenaga Surya 
Dengan dua modul tersebut di atas Kamu tinggal menghubungkan keduanya dengan kabel listrik, output (+) panel surya dikaitkan dengan input terminal (+) pada modul usb booster, begitu halnya terminal (-).

Rangkaian Charger USB Tenaga Surya 
Lalu bagaimana dengan powerbank tenaga surya? Kamu cukup memberikan beberapa komponen sekali lagi untuk lengkapinya yakni :

1. Modul Charger Baterai Lithium 5V Mikro/Mini USB
Modul ini berperan untuk isi ulang baterai litihium yang Kamu pakai jadi baterai powerbank tersebut. Inputnya dapat berbentuk sumber listrik dengan konektor mikro/mini usb maupun terminal listrik (+) dan (-) yang dapat di ambil dari sumber listrik alternatif seperti dari sel surya, dengan tegangan input 4-5V.

2. Baterai Lithium
Pasti Kamu sudah tahu peranannya, yakni jadi penyimpan daya listrik di powerbank ini. Powerbank tenaga surya ini memakai baterai lithium yang umum dipakai piranti mobile Kamu. Besar kemampuan baterai dapat Kamu tetapkan sendiri untuk powerbank yang Kamu rakit. Dianjurkan Kamu beli baterai lithium yang telah memiliki perlindungan overcharge built-in (perlindungan dari keunggulan pengisian) hingga Kamu tidak memerlukan modul perlindungan sekali lagi untuk baterai Kamu.

3. Dioda Schottky
Komponen dioda yang memiliki kutub anoda dan katoda ini berperan untuk penyearah arus listrik dari panel surya, dipsang dari terminal (+) dari panel surya. Jadi dapat berperan sebagai pengaman ketika sel surya tidak dapat hasilkan daya saat malam hari, yakni bila terdapat arus listrik yang mengalir dari sumber listrik ke konektor mikro/mini USB maka arus listrik itu tertahan di dioda itu, tidaklah sampai ke panel surya. Besar rating arus dioda cukup 1-3A untuk panel surya ukuran mini dengan daya dibawah 5 watt.

4. Saklar On Off
Satu komponen yg tidak kalah penting saat merakit powerbank ini yaitu sebuah saklar on-off untuk powerbank Kamu. Saklar ini ditempatkan tempatnya diantara baterai lithium dengan modul ouput usb booster 5V. Berperan agar baterai tidak boros karena aktifkan modul output usb booster dengan terus-menerus.

Rangkaian Powerbank Tenaga Surya 
Bila Kamu telah memiliki komponen-komponen yang sudah dijelaskan diatas, maka Kamu sudah siap untuk cara membuat power bank kapasitas besar tenaga surya buatan Kamu sendiri dengan skema rangkaian berikut ini.

Skema rangkain Powerbank Tenaga Surya 
Bila arus dari 1 panel surya masih tetap terasa kecil Kamu dapat memberikan panel surya sekali lagi yang dirangkai paralel untuk jadi besar arus untuk isi ulang baterai powerbank. Kamu dapat sedikit kreatif dengan memakai casing yang sesuai selera Kamu untuk powerbank ini agar terlihat lebih menarik pastinya. Atau dapat memakai 2 modul output usb jadi penambahan. Untuk tutorial yang lebih detail langkah-langkahnya Kamu dapat membaca disini.

Rangkaian paralel untuk Fast Charge 
Sebatas catatan dari link tutorial diatas itu, ada informasi penambahan yang menarik, yakni ; agar rangkaian powerbank ini dapat isi ulang hp iphone, maka perlu ditambah komponen sebuah resistor bernilai 47 ohm yang disolder pada 2 kaki/pin data di modul output USB booster.

Keseluruhan hanya perlu kurang dari lima puluh ribu rupiah (tidak termasuk baterai) untuk dapat merakit powerbank surya ini. Bila ditambah casing dan baterai 5000 mAH sekurang-kurangnya perlu sekitar biaya 150 ribu rupiah telah dapat menutupinya. Selamat melakukan eksperimen!

Related Articles

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.