Kamis, 19 April 2018

Cara Mendaftarkan Blog di Google Analytics

Hasil gambar untuk Cara Mudah Menjadi Peringkat Pertama di Google

jasa pembuatan website - Bila Kamu adalah blogger yang telah lama terjun ke dunia blogging, Kamu pastinya tahu apakah itu Google Analytics dan faedahnya untuk situs (blog) Kamu. Bila Kamu masih tetap baru, atau blogger yang telah lama terjun ke dunia blogging tetapi masih tetap belum juga tahu dan memakai Google Analytics untuk meningkatkan situs (blog) Kamu, maka artikel ini pas untuk Kamu.

Apakah itu Google Analytics?
Google Analytics yaitu alat yang di produksi oleh raksasa internet Google untuk mempermudah beberapa Webmaster untuk ketahui sejauh mana perkembagan blog-nya dari sekian waktu dari pojok pengunjung/trafik. Google Analytics sama dengan Google Webmaster, keduanya sama jadi alat penting untuk beberapa blogger untuk meningkatkan blog-nya. Bedanya, Google Webmaster konsentrasi untuk mempermudah blogger dalam memonitor kemampuan blog-nya di mesin pencari, jumlah link yang tertaut dari sisi internal ataupun eksternal, perform dan keyword di mesin pencari, dan beragam hal berkaitan yang lain.

Google Analytics konsentrasi menolong Kamu untuk memonitor jumlah pengunjung untuk situs (blog) Kamu, demografi (lokasi, browser yang dipakai, persentasi lama pengunjung di situs (blog) Kamu, analisis usia dan type kelamin pengunjung, dsb), dari tempat mana mereka temukan situs (blog) Kamu, dsb. Pada intinya Google Analytics menolong Kamu untuk ketahui seberapa terkenalnya situs (blog) Kamu di internet berdasar pada jumlah pengunjung dari sekian waktu.

Apa manfaat memakai Google Analytics?
Seperti yang dijelaskan diatas, Google Analytics menolong Kamu untuk ketahui seberapa besar jumlah pengunjung Kamu dari sekian waktu setelah Kamu mendaftarkan situs (blog) Kamu ke dalamnya. Google Analytics juga berikan manfaat pada Kamu untuk pelajari siapapun yang berkunjung ke situs (blog) Kamu, dari tempat mana umumnya mereka sampai kedalam situs (blog) Kamu (dapat dari mesin pencari Google, komunitas, sosial media dsb), berapakah lama mereka rata-rata menggunakan waktu didalam situs (blog) Kamu, artikel mana yang paling banyak di baca, bagaimana Kamu memperoleh pengunjung, dsb.

Faedahnya dapat Kamu peroleh ketika kode Google Analytics terpasang di situs (blog) Kamu. Kamu dapat ketahui dari tempat mana pengunjung datang ke situs (blog) Kamu. Disini Kamu dapat ketahui bila pengunjung paling banyak datang dari Facebook dan Twitter, maka Kamu harus mempertahankannya dengan selalu membagikan artikel Kamu ke sosial media itu. Juga, Kamu pasti harus mengoptimasikan perform situs (blog) Kamu di Google dan mesin pencari yang lain agar jumlah pengunjung yang datang dapat sepadan jumlahnya. Gunakan juga media-media yang belum juga dapat menghadirkan jumlah pengunjung yang banyak.

Diluar itu, Kamu dapat pelajari berapakah jumlah unique visitors (pengunjung yang pertama kalinya datang ke situs (blog) Kamu), pageviews, dan keseluruhan visitors dan keseluruhan pageviews kedalam situs (blog) Kamu mulai sejak Google Analytics terpasang. Alat ini memberitahukan Kamu pengunjung bulanan, bounce rate, dan pengunjung harian dan real-time.

Langkah-langkahnya :

  • Buka Google Analytics dan log in dengan account Gmail Kamu.
  • Di Google Analytics click “Add Situs Profile”.
  • Pilih “Add a Profile for a new domain” lalu masukan URL situs (blog) Kamu dibagian kotak yang di dalamnya terdapat http :// dan lalu click Continue.
  • Blok tracking code-nya dan copy semuanya (jangan pernah ada kode yg tidak terkopi). 


Untuk Blogger/Blogspot

Ada dua cara yang dapat Kamu kerjakan.

Pertama, log in ke Blogspot, masuk kedalam Settings lalu pilih Other. Bila sebelumnya Kamu telah memiliki account Google Analytics, maka tinggal masukan saja Situs Properti ID (ID-nya begini : UA-123456-09). Mencari ID-nya didalam tracking code Google Analytics yang sebelumnya Kamu copy. Click Save

Ke-2, log in ke Blogspot, lalu masuk ke bagian Template. Click Ubah HTML dan tujukan kursor Kamu ke bagian bawah kode yang ada. Mencari/head tag lalu paste tracking code Google Analytics barusan tepat sebelumnya kode/head barusan. Click Save Template bila telah usai.

Untuk WordPress. org (Self-Hosted)

Pastikan Kamu sudah meng-copy tracking code Google Analytics seperti yang sudah di katakan dibagian langkah-langkahnya.

  • Log in ke Dashboard, lalu di samping kiri pilih Appearance dan pilih Editor. 
  • Setelah halaman Editor terbuka, di samping kanan pilih bagian header. php. 
  • Dibagian header. php mencari body tag dan paste tracking code Google Analytics Kamu tepat setelah tag itu. 

Bacaan Referensi : Pengertian dan Cara Turunkan Bounce Rate
Bila Kamu tidak percaya atau merasa susah mengaplikasikan cara diatas, maka saya merekomendasikan agar Kamu memakai plugin yang dimaksud dengan Insert Header and Footer. Mencari plugin itu dibagian Plugins = Add New = lalu masukan namanya = lalu install. Atau unggah plugin itu bila Kamu telah download. Setelah Kamu meng-install plugin itu, aktifkanlah. Lalu masuk ke bagian Settings di Dashboard Kamu, lalu pilih plugin barusan dan masukan tracking code Google Analytics yang telah Kamu copy ke dalamnya.

Untuk beberapa theme WordPress yang gratis ataupun yang berbayar biasanya telah disiapkan kotak khusus untuk menempatkan Google Analytics dengan meng-copy tracking code kedalam kotak itu. Perlu diingat : Mendaftarkan Situs (blog) di Google Analytics memerlukan waktu sekitar 12 sampai 24 jam sebelumnya laporan data tentang pengunjung situs (blog) Kamu dapat diliat.

Kesimpulan
Mendaftarkan situs (blog) di Google Analytics memang suatu hal yang perlu dilakukan oleh semua blogger. Terkecuali ketahui jumlah pengunjung, mendaftarkan situs (blog) di Google Analytics juga menolong Kamu untuk ketahui beragam info mengenai pengunjung situs (blog) Kamu hingga Kamu dapat dengan mudah meningkatkan situs (blog) Kamu dan popularitasnya. Mendaftarkan situs (blog) di Google Analytics sekalipun tidak sulit, bukan?

Related Articles

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.