Minggu, 10 Juni 2018

KESEHATAN DAN KESELAMATAN KERJA DI LALU LINTAS

Hasil gambar untuk KESEHATAN DAN KESELAMATAN KERJA DI LALU LINTAS

Pengawasan Kendaraan
sepatu safety - Mengapa kontrol kendaraan harus di kerjakan dengan berkala :
Pastinya untuk keselamatan transportasi darat saat mulai kegiatan berkendara, yang sudah terdaftar dalam ketentuan pemrintah pusat ataupun pemerintah daerah, dan ketentuan atau keharusan yang perlu di patuhi dan di punyai oleh setiap aktor usaha transportasi atau logistic.
Membuat dan membina pengendara agar lebih professional hingga tahu dan memahami aksi pengemudi juga akan memengaruhi keselamatan orang yang lain di jalan raya.

Hal yang perlu diperhatikan penjadwalan kontrol berkala :
a. Kontrol harian
b. Kontrol mingguan
c. Kontrol bulanan
d. Kontrol tahunan

Hal yang perlu dilakukan dalam kontrol sebelumnya bekerja di jalan raya :
a. Mengecek dengan visual bagian luar kendaraan amati dan perhatikan sedetail mungkin.
b. Mengecek dengan jeli dibagian mesin.
c. Mengecek dokumen/surat-surat kendaraan.
d. Mengecek system operasional kendaraan dan mengecek perlengkapan/peralatan kendaraan untuk saat terjadi kondisi darurat.

Instrument kendaraan yang harus diperhatikan dalam pengecekan :
a. Check kondisi mesin, adakah sisa tetesan pelumas atau air.
b. Check volume pelumas mesin dan air radiator dan lain-lain.
c. Check instrument elektrikal kendaraan.
Yang paling akhir yaitu meyakinkan kendaraan siap untuk beroperasi dengan mengecek kembali desakan angin ban dan mengecek kembali semua kendaraan dengan visual dengan jeli dan cermat.

2. 3 Ketentuan Umum Keselamatan Berkendara
a. Pastikan kamu sudah ikuti kursus atau pelatihan mengemudi yang sesuai, dan dengan legal kekuatan ada diotorisasi dengan bukti Surat Izin Mengemudi (SIM) diperlukan untuk menjalankan kendaraan.
b. Sebelumnya masuk kendaraan, berjalanlah melingkari mesin, pastikan tak ada orang yang berada di daerah blind spot atau titik buta di sekitar kendaraan kamu.
c. Janganlah paksakan kendaraan untuk dikemudikan jika ada problem rem, ban, steering (kemudi), klakson, rusaknya kaca spion, kurang bahan bakar dan lampu kendaraan mati saat malam hari.
d. Datanglah ke bengkel mobil resmi untuk berkonsultasi menyakinkan semua kendaraan dan peralatannya sudah penuhi standar keselamatan dan kriteria operasi.
e. Semua pengemudi di jalan raya umum harus memerlihatkan kekuatan mengemudi yang aman dan berkepribadian baik selama mengemudi (tidak mabuk alkohol & obat-obatan terlarang, mematuhi semua rambu jalan raya, mengutamakan pejalan kaki).
f. Semua pengemudi di jalan raya umum harus taat pada ketentuan yang berlaku dan ketentuan pemerintah jadi prasyarat minimal.
g. Sabuk Keselamatan (seat belt) harus dipakai ketika mengendarai kendaraan bermotor. Bila kamu pengemudi, dilarang menggerakkan kendaraan sebelumnya semua penumpang dalam kondisi aman.
h. Laporkan selekasnya setiap kecelakaan atau aksi/tingkah laku tidak aman selama mengendarai kendaraan.

2. 4 Ketentuan Batas Kecepatan
a. Batas kecepatan maximum ada di ruas jalan, semua sopir atau pengemudi harus mengikutinya. Dilarang melampaui batas kecepatan harus mengemudi di batas yang telah ditetapkan.
b. Apabila jarak pandang tidak terang atau keadaan jalan jelek dan licin, batas kecepatan maximum dikurangi sampai cukup aman untuk keadaan yang tengah dihadapi.
c. Kecepatan kendaraan yang melewati jalan umum harus sesuai dengan arus jalan raya dan tidak bisa terlalu perlahan sampai mengganggu perjalanan kendaraan yang lain.

2. 5 APD Untuk Pengendara Di Lalu Lintas
Baju dan perlengkapan pelindung untuk pengendara motor :
Studi tunjukkan kalau kepala, lengan dan kaki yang seringkali terluka dalam kecelakaan. Baju dan perlengkapan pelindung memberi perlindungan 3x lipat lebih baik untuk pengendara sepeda motor : Kenyamanan dan perlindungan dari unsur-unsur beresiko, beragam ukuran untuk perlindungan cedera, dan melalui pemakaian warna atau bahan reflektif, memberi tanda untuk pengendara motor beda untuk lihat sepeda motor.

a. Helm
Ini yaitu bagian paling penting dari perlengkapan. Helm pengaman menyelamatkan nyawa dengan kurangi tingkat cedera kepala dalam momen kecelakaan. Helm yang baik tersedia banyak. Pastikan pas dengan nyaman dan cocok, dan diikat untuk naik. Dalam memilih helm, mencari label SNI di helm. Label SNI pada helm adalah sertifikasi produsen helm yang sesuai sama standard kualitas. Di banyak negara, pemakaian helm untuk pengendara motor diharuskan oleh hukum. Penumpang harus juga memakai helm.

b. Perlindungan mata
Mulai sejak sepeda motor banyak yg tidak memiliki kaca depan, pengendara motor harus membuat perlindungan mata mereka pada serangga, kotoran, batu atau bahan udara yang lain. Bahkan juga angin yang bisa mengakibatkan mata keluarkan air mata dan mengaburkan penglihatan, dan penglihatan yang baik yaitu penting ketika mengendarai motor. Pilih kacamata berkwalitas baik, kacamata dengan lensa plastik cukup aman, atau helm yang diperlengkapi dengan pelindung muka.
Pelindungan alat pengindraan (mata), mata kita sangat peka pada benda dan zat yang ada di sekitar kita. Maka kita harus memakai kaca pelindung mata (safety glasses).

c. Jaket dan Celana
Baju yang dipakai saat mengendarai sepeda motor harus sediakan beberapa ukuran perlindungan dari abrasi dalam soal tumpahan. Ini harus jadi bahan yang tahan lama (misalnya, bahan sintetis khusus atau kulit). Jaket harus memiliki lengan panjang.

Related Articles

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.