Kamis, 07 Desember 2017

8 Dampak Ketidakefektifan Komunikasi Antar Pribadi

Hasil gambar untuk Komunikasi dan Public Relations

tugas biro konsultasi pr - Ketidakefektifan komunikasi antar pribadi adalah salah satu bentuk kegagalan sistem komunikasi yang dapat memberi efek kurang bagus. Komunikasi antar pribadi atau umum dimaksud sebagai komunikasi interpersonal adalah sebuah sistem yang dilakukan pada individu satu dengan individu yang lain. Biasanya, komunikasi ini biasanya berbentuk dua arah. Umpan balik juga akan terjadi didalam sistem komunikasi efisien ini, di mana terkadang dalam umpan balik itu terjadi ketidaksamaan persepsi.

Ketidaksamaan persepsi yg tidak diliat jadi suatu hal yang positif dapat menyebabkan perseteruan komunikasi. Sistem komunikasi jadi tidak efisien dan terjadi beragam jenis efek di dalamnya. Jadi deskripsi umum, berikut ini yaitu beberapa jenis akibatnya karena ketidakefektifan komunikasi yang dapat terjadi dalam komunikasi interpersonal :

Ketidaksamaan Pendapat 
Ketidaksamaan pendapat dapat keluar karena komunikasi yang kurang efisien. Sesungguhnya hal semacam ini lumrah untuk terjadi, tetapi sayangnya tidak disertai dengan bagaimana pendapat itu dapat dipandang jadi suatu hal hal yang lumrah jadikan sistem komunikasi berjalan dengan tidak harusnya. Ketidaksamaan pendapat malah jadikan jadi alasan pertentangan.

Permusuhan 
Komunikasi yang kurang efisien dapat juga menyebabkan permusuhan. Berikut kenapa kita harus ketahui cara komunikasi yang baik, hingga tidak menimbulkan permusuhan karena info yang di terima tidak lengkap. Kurang efektifnya komunikasi dapat juga dikarenakan oleh sikap yg tidak sama-sama mengerti dan mengerti antar pihak yang ikut serta didalam komunikasi.

Perbincangan 
Perbincangan dapat juga muncul jika komunikasi yang kita kerjakan tidak berjalan dengan efisien. Tehnik komunikasi yang dilakukan oleh antar individu sebaiknya harus memerhatikan sikap sama-sama mengerti kalau semasing orang dapat memiliki penilaian-penilaian tertentu. Ada aspek yang memengaruhi komunikasi disini yang dapat menyebabkan terjadinya perbincangan.

Kesalahpahaman 
Kesalahpahaman juga adalah efek yang dapat dikarenakan oleh ketidakefektifan komunikasi antar pribadi. Info yang datang dari sumber sesungguhnya telah tepat, tetapi karena ada aspek penghalang komunikasi tertentulah yang lalu mengakibatkan terjadinya kesalahpahaman. Kita mungkin umum mendengar arti miss communication.

Kekeliruan Penyampaian Info 
Nyaris serupa dengan kesalahpahaman, kekeliruan penyampaian info memiliki kandungan pengertian kalau info yang datang dari sumber di terima dengan arti yang berlainan pada penerima pesan. Info itu sudah pasti dapat jadi salah dan tidak sesuai sama sumber aslinya. Oleh karena itu, penting agar di perhatikan bagaimana kita dalam berkomunikasi agar dapat tetaplah efisien.

Kehilangan Makna 
Sistem komunikasi yg tidak berarti adalah salah satu akibatnya karena komunikasi yg tidak efisien. Maksud dari komunikasi jadi hilang dan di dalamnya tak ada info bermakna yang diperoleh. Biasanya, ada beberapa kendala komunikasi yang terjadi di dalamnya dan tidak dikerjakan dengan baik. Hal semacam ini sudah pasti mengakibatkan sistem komunikasi antar pribadi jadi kurang baik.

Tidak Tercapainya Maksud Komunikasi 
Nyaris serupa dengan sistem kehilangan arti. Akumulasi dari tidak efektifnya komunikasi antar individu yaitu maksud yg tidak terwujud. Sesungguhnya, jenis komunikasi memang bermacam. Tetapi pada intinya, setiap komunikasi itu biasanya memiliki maksud tertentu. Tak tahu itu jadi komunikasi bisnis, komunikasi pemasaran atau bahkan juga komunikasi persuasif. Tetapi karena kurang efektifnya sistem komunikasi yang terjadi, ini mengakibatkan maksud komunikasi tidak terwujud.

Lihat juga : kelemahan dan kelebihan corporate pr

Putus Kontak 
Kontak atau hubungan antar individu dapat jadi terputus hanya karena komunikasi yang kurang efisien. Pastinya ini perlu di perhatikan dan dijauhi. Terdapat beberapa kiat komunikasi efisien yang dapat dilakukan agar problem ini tidak terjadi.

Sekianlah beberapa jenis efek dari tidak efektifnya sistem komunikasi. Lihat banyak kerugian yang dapat muncul dari sistem komunikasi yang kurang efisien, maka kita perlu hindari terjadinya ketidakefektifan komunikasi antar pribadi.

Related Articles

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.