Kamis, 04 Januari 2018

CARA MEMBUAT WEBSITE SENDIRI

Hasil gambar untuk Pengertian Website

jasa pembuatan website di jakarta utara - Pernahkan Kamu bingung membedakan pada situs dan situs (blog)? Sesungguhnya semua yang Kamu saksikan di Internet yaitu situs. Tetapi, setiap situs memiliki peranan dan maksud yang tidak sama. Salah satu type situs yang tengah ngetop yaitu situs (blog), media sosial dan toko on-line. Jadi dapat disebutkan kalau situs (blog) yaitu salah satu type situs yang berperan ‘biasanya’ jadi diary atau buku harian untuk pemiliknya. Situs (blog) biasanya menghadirkan artikel berdasar pada posisi jam dan tanggal dari mulai yang terlama sampai yang terbaru. Situs beda yang memiliki peranan serupa seperti sebuah toko, di mana didalamnya diisi product, harga, info dan gambaran product sampai cara pemesanan maka situs ini yaitu situs toko on-line. Dan untuk situs media sosial dapat kita saksikan pada dua website popular saat ini yakni Facebook, Instagram dan Twitter. 

Banyak cara buat situs untuk kebutuhan bisnis di internet. Ada yang lewat jasa pembuat situs dan ada yang buat sendiri. Ada yang memakai software pembuat situs atau ada yang memakai layanan gratis. Buat situs memang masih tetap terlihat seperti beberapa hal yang rumit dalam dunia IT. Terlebih untuk pemula yang masih tetap belum juga memiliki pengalaman mengotak-atik situs. 

Walau sebenarnya Cara Buat Situs Sendiri termasuk hanya bagian kecil dari dunia IT. Situs sendiri ini berarti tempat, tempat untuk memberitahukan. Sedang IT yaitu lebih dari sebatas situs. Buat situs memang dapat disebutkan susah. Namun yang susah yaitu tentang pembuatan scrip-scrip PHP dan sebagainya yang umum dipakai untuk situs. Namun tanpa ada scrip pun, situs dapat di buat. 

Prinsipnya dalam buat sebuah situs terbagi dalam 4 kategori 

1. Instan. 

Langkah tersebut adalah cara paling cepat, termudah dan paling murah (gratis) dalam buat situs. Contoh yang paling mudah adalah memakai blogspot, worpress, dan lain-lain. Langkah tersebut memiliki kekurangan pada tingkat fleksibilitas pembuatan. Kita hanya dapat buat situs sesuai sama format penampilan yang telah disiapkan. 

2. CMS atau Kontent Management System 

Cara Belajar Buat Situs ini relatif cepat seperti cara instan, tetapi memiliki tingkat fleksibilitas yang lebih dibanding lewat cara Instan. Kamu tinggal melakukan instalasi memakai software CMS yang telah disiapkan. Kita dapat juga melakukan perubahan lebih fleksibel dengan meng-install add on pada CMS itu. Akan tetapi, Biasanya Kamu harus sediakan nama domain dan hosting sendiri. Contoh CMS yaitu Joomla untuk situs yang umum, wordpress untuk situs (blog) (ya, wordpress memiliki 2 type yakni instan dan CMS), Prestashop untuk toko on-line, dan lain-lain. 


3. Frame-work. 

Langkah tersebut memiliki tingkat fleksibilitas pembuatan yang lebih tinggi, Kamu harus memiliki kekuatan situs programming. 

4. Situs Programming. 

Cara membuat situs yang paling fleksibel, tetapi memerlukan waktu yang lama dan Kamu dituntut memiliki kekuatan dalam pemrograman situs. Bila Kamu telah punya kebiasaan buat situs dengan langkah tersebut, maka pada intinya anda dapat buat semua type situs yang anda kehendaki, hampir tanpa ada batas. Bila anda tertarik untuk pelajari langkah tersebut, anda minimum harus kuasai HTML, PHP dan MySQL. 

Tips penting langkah untuk langkah buat situs sendiri 

Memastikan Nama Domain 

Hal pertama yang perlu Kamu kerjakan saat buat situs sendiri yaitu memastikan nama domain. Sebuah domain yaitu nama untuk situs yang juga akan kamu buat. Sebagi contoh, nama domain situs adalam com. Untuk peroleh nama domain itu, Kamu harus membayar biaya sewa per th. jadi hak pemakaian nama itu. Kenapa harus bayar? Karena nama situs itu harus unik, dan hanya hanya satu di internet. Bila tidak orang pastinya akan bingung mana website miliki anda dan mana situs yang punya orang yang lain. Jadi, di semua internet, anda tentu hanya juga akan temukan sebuah situs yang alamatnya 

Perlu Kamu ingat kalau memiliki nama domain bukanlah bermakna kamu telah memiliki situs. Ingat, nama domain ini hanya sebuah nama seperti anda mendaftarkan ijin usaha sebuah PT atau CV dalam dunia riil. Memiliki ijin usaha ini bukanlah bermakna anda memiliki kantor, toko atau gudangnya kan? 

Memilih Sebuah Situs Hosting 

Sebuah situs hosting pada intinya yaitu sebuah perusahaan yang memiliki beberapa computer yang senantiasa tersambung ke internet. Bila anda meletakkan halaman-halaman situs anda di computer mereka, maka semua dunia dapat menghubungi computer itu dan lihat halaman situs Kamu. Kamu perlu daftarkan diri dahulu ke situs hosting agar situs yang kamu bikin memiliki “rumah”. Bila memiliki nama domain dapat dimisalkan dengan memiliki ijin usaha, maka memiliki akun situs hosting kurang lebih serupa dengan menyewa kantor atau toko untuk bisnis kamu. 

Menyewa? Ya, untuk situs hosting yang berbayar. Sudah pasti Kamu dapat memilih situs hosting berbayar maupun yang Situs Hosting gratisan tetapi janganlah mengharapkan Kamu memperoleh feature sebagus yang berbayar. Bagaima Cara Buat Situs Sendiri yang dapat kamu pilih berdasar pada kantong kamu.

Related Articles

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.